Tips Presentasi yang Efektif

presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi, yang mana didalamnya memaparkan suatu topik, gagasan, serta informasi kepada orang banyak atau biasa disebut audiens. Suksesnya sebuah presentasi ditentukan bagaimana presenter membawakannya, oleh karena itu, presenter harus mempersiapkan beberapa hal agar presentasi menjadi efektif.

Berikut tips dalam melakukan presentasi secara efektif

  1. Kenali audiens

    Hal awal yang penting dalam sebuah presentasi ialah mengenali siapa yang akan menjadi audiens atau pendengar, hal ini berpengaruh pada tingkat penerimaan informasi yang kita sampaikan. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan dalam mengenal audiens diantaranya ialah usia, latar belakang, situasi acara dan masih banyak lagi. seringkali dalam penyampaian materi presentasi, faktor-faktor tersebut mempengaruhi bagaimana cara menyampaikan presentasi disampaikan. 

Contohnya adalah saat kita presentasi ke audiens yang banyak orang yang lebih tua maka penyampaian bahasa dan tempo pengucapan perlu diperhatikan, agar presentasi menjadi efektif.


  1. Persiapan diri

    Dalam sebuah presentasi, penampilan diri merupakan hal yang pertama dilihat oleh audiens, oleh karena itu pentingnya kita mempersiapkan diri sebelum melakukan presentasi. diantara persiapan diri ialah mempersiapkan pakaian dan juga mental.

    Saat mempersiapkan pakaian, pastikan menggunakan pakaian yang sesuai dan pastinya harus sopan. Sedangkan persiapan mental, yang biasanya terjadi ialah gugup. Oleh karena bagi seorang presenter wajib menghilangkan rasa gugup sebelum melakukan presentasi.


  1. Persiapkan materi secara matang

    Pada saat presentasi, materi merupakan hal inti. Oleh karena itu, pentingnya kita mempersiapkan materi secara matang

    Tips mudahnya dalam pembuatan materi presentasi ialah fokus pada materi inti, tanpa menyebar ke pembahasan lainnya. Jadi didalam powerpoint hanya berisi materi inti, dan untuk materi penjabarannya itu dijelaskan secara lisan.

    Jika kesulitan dalam membuat materi presentasi, anda bisa untuk menggunakan jasa edit presentasi atau jasa desain presentasi. Pastikan memilih yang profesional dan aman, agar saat melakukan presentasi materi nya sesuai dengan yang kita harapkan dan informasi materi kita aman dan tidak tersebar ke khalayak umum. Salah satu agen jasa edit presentasi yang recomended ialah editpresentasi.com yang telah berpengalaman melakukan pembuatan materi presentasi, terutama pada institusi ternama.

  1. Lakukan pembukaan yang menarik

    Gunakan pembukaan yang menarik, hal ini bertujuan untuk menarik minat awal audiens untuk mendengarkan presentasi kita. perlunya meluangkan waktu di awal presentasi untuk melakukan pembukaan yang menarik.

  1. Gunakan alat bantu

    Maksudnya ialah, dalam melakukan presentasi kita perlu adanya alat bantu yang sekiranya sesuai dengan materi maupun suasana audiens. Hal ini bertujuan untuk memberikan variasi saat melakukan presentasi. Contohnya ialah menggunakan powerpoint yang menarik, menggunakan lcd projector, mic & sound, dan peralatan-peralatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan variasi penyampaian agar presentasi tidak membosankan.

Itulah 5 tips presentasi yang efektif, agar audiens dapat menyerap informasi yang kita sampaikan. Semoga berhasil ...

Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url