4 Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Menarik

 

4 Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup

Seringkali ketika melamar kerja, magang, ataupun beasiswa kita diminta untuk pengumpulan CV, CV (curriculum vitae) merupakan hal yang sangat dibutuhkan ketika akan melamar kerja, magang ataupun yang lain, karena CV merupakan tahap awal perusahaan untuk menyeleksi para pelamar. 

Di dalam CV berisi daftar riwayat hidup diantaranya ialah riwayat pendidikan, pengalaman, prestasi, kemampuan, dll. saat penulisan CV perlu untuk memberikan deskripsi atas point-point yang dicantumkan, karena CV juga berfungsi untuk menjelaskan secara rinci tentang pelamar, berbeda dengan Resume yang menjelaskan secara ringkas tentang pelamar dan hanya perlu menunjukkan apa yang dapat ditonjolkan sesuai pekerjaan yang dilamar.


  1. Membuat Desain Yang Sederhana

CV yang bagus adalah CV yang eye catching tetapi tetap memuat informasi penting, jadi HRD senang ketika membaca dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Beberapa point yang perlu diperhatikan dalam membuat desain CV, yaitu: 


  1. menggunakan font yang menarik tetapi tetap mudah untuk dibaca

  2. tidak berlebihan dalam mencantumkan informasi diri.


untuk lebih mudahnya, kita dapat menggunakan beberapa aplikasi desain seperti coreldraw, photoshop, canva, slidego atau menggunakan jasa desain agar CV terlihat lebih profesional.


Sumber : Pinterest


  1. Cantumkan Kemampuan dan Pengalaman secara detail

kita perlu mencantumkan kemampuan dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang di lamar, jadi perusahaan dapat mengukur kapasitas anda.

Hal penting yang perlu cantumkan diantaranya adalah:  


  1. Softskill

  2. kemampuan

  3. prestasi


Ada beberapa tips, yaitu cantumkan dapat bekerja secara tim, mudah belajar, dan suka menerima tantangan baru.


Sumber : Pinterest


  1. Mendeskripsikan diri dengan singkat dan jelas

Perlu bagi pelamar untuk mendeskripsikan tentang diri anda didalam CV, tetapi dalam mendeskripsikannya harus singkat dan jelas, jangan sampai bertele-tele karena HRD perlu mendapatkan informasi dengan cepat.


Terkadang HRD menggunakan robot untuk menyeleksi cv yang ada, jadi pelamar benar-benar perlu untuk menuliskan deskripsi dengan sejelas mungkin.


  1. Masukkan Kontak Pribadi.

dengan memasukkan kontak probadi, dapat memudahkan HRD untuk menghubungi kembali, jadi ini merupakan syarat wajib dalam pembuatan CV.


Beberapa yang perlu dicantumkan diantaranya seperti: Email, Nomor, Social Media


Sumber : Pinterest

Baca : 

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url